Menu OK

Rabu, 05 Maret 2014

Alasan VIsi Misi SMPIT ADA



ALASAN DAN PERTIMBANGAN PENDIRIAN
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) IT ADA
SECANG – MAGELANG


1.      Ikut serta berpartisipasi dalam pembangunan nasional untuk mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana tercantum dalam pembukaan undang-undang dasar 1945.
2.      Ikut serta secara aktif, mendukung program pemerintah dalam pembangunan bangsa di bidang pendidikan formal, Sekolah Menengah Pertama (SMP).
3.      Melaksanakan maksud dan tujuan Yayasan YASMU (Sirojul Mukhlasin) Payaman
4.      Mewujudkan kemampuan penalaran anak didik dalam sikap, perilaku dan spiritualitas melalui pendidikan yang memadukan antara kurikulum Umum dan Diniyyah/pesantren.
5.      Memadukan sistem pendidikan modern yang baik dengan nilai-nilai luhur pesantren.
6.      Dalam rangka melaksanakan keputusan rapat bersama anggota pengurus Lembaga/Yayasan, unsur akademik, tokoh masyarakat dan wali murid.
7.      Adanya hasrat/kemauan sebagian besar dari wali murid/santri Pondok Pesantren Sirojul Mukhlasin Secang  Magelang agar putra-putrinya bisa mondok untuk memperoleh pendidikan agama Islam dan belajar pendidikan umum.
8.      Adanya dorongan yang kuat dari pemerintah dan masyarakat setempat terhadap berdirinya SMP IT ADA Secang Magelang.


         Secang,  5 April 2013 


A.    LATAR BELAKANG
Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas segala nikmat dan karunai-Nya yang telah dilimpahkan kepada segenap keluarga besar Yayasan YASMU (Sirojul Mukhlasin) Payaman Magelang, Semoga sholawat dan salam senantiasa dilimpahkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW beserta keluarga, sahabat dan para pengikutnya. Amin.
Pondok Pesantren Sirojul Mukhlasin telah memiliki sejarah yang cukup panjang terbentuk dari perkembangan pesantren di Payaman yang hingga kini telah lebih dari satu abad (100 tahun). Oleh karena itu telah terbukti mampu bertahan dan melakukan pengaturan oprasional yang baik. Jumlah santri saat ini yang berada di pondok pusat Magelang mencapai kurang lebih 1600 orang, selain itu juga memiliki beberapa cabang yang berada di beberapa daerah, serta 50 PELMA(Pondok Cabang Pelajar dan Mahasiswa) yang tersebar diseluruh Indonesia.
Selama ini pesanteren Sirojul Mukhlasin dalam kegiatan belajar mengajar menerapkan sistem klasikal. Pendidikan dan pelajaran mempertahankan salafiyyah murni dengan kajian Kitab-kitab Kuning. Program lainnya adalah menghafal Al-quran (Tahfidz). Potensi santri yang begitu besar serta minat masyarakat yang tinggi untuk masuk di Pesantren ini belum diimbangi dengan pendidikan formal untuk mensukseskan program pemerintah wajib belajar 9 tahun. Oleh karena itu banyak santri yang hanya tamatan Sekolah Dasar dan dipesantren tidak dapat melanjutkan kejenjang SMP. Kehadiran Pesantren Sirojul Mukhlasin di Kecamatan Secang Kabupaten Magelang juga diharapkan dapat ikut serta mempersiapkan sumber daya manusia siap pakai di masyarakat.
Berdasrkan Hal-hal tersebut kemudian melahirkan pemikiran perlunya mendirikan  Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang berbasis pesantren. Sekolah ini diharapkan dapat menjembatani pendidikan agama pesantren dengan program pendidikan formal Departeman Pendidikan Nasional. Sekolah tersebut diharapkan akan dapat melahirkan sumber daya manusia yang berimbang antara ilmu agama dan ilmu umum sehingga melahirkan SDM berakhlak mulia yang memiliki  wawasan global sebagai pendukung kemajuan bangsa.

B.     VISI DAN MISI
  • VISI
“Berprestasi dan berani menghadapi tantangan zaman berbekal Al qur’an dan As Sunnah serta berdakwah keseluruh alam”


  • MISI
o   Melaksanakan penghayatan dan pengamalan agama serta pembiasaan nilai-nilai akhlak mulia dan budi pekerti luhur.
o   Mengembangkan kesadaran akan hak dan kewajiban sebagai warga negara serta pelestarian budaya setempat
o   Melaksanakan pengembangan kurikulum dalam upaya peningkatan mutu pendidikan bagi siswa.
o   Melaksanakan proses pembelajaran dan bimbingan yang optimal dalam upaya peningkatan mutu dan prestasi siswa sesuai dengan potensi yang dimilikinya.
o   Meningkatkan kompetensi tenaga pendidikan dan tenaga kependidikan.
o   Menjalin kerjasama vertikal dan horisontal untuk mengembangkan potensi sekolah
o   Mewujudkan lingkungan pergaulan sekolah yang santun dan bertata krama.
o   Mewujudkan lingkungan sekolah yang bersih, indah,dan nyaman.
o   Meningkatkan prestasi, kreasi dan apresiasi dalam bidang kegiatan non akademik.
o   Melaksanakan pengembangan kreatifitas keterampilan kewirausahaan bagi siswa.
C.    SASARAN
a.    Kurikulum
1.      Menggunakan KTSP dengan menambah muatan lokal sesuai dengan ciri sekolah yang berwawasan ahlusunnah wal jamaah.
2.      Pengembangan profesionalisme tenaga pendidik.
3.      Pengembangan media pembelajaran.
4.      Efektivitas supervisi pembelajaran.
5.      Peningkatan bimbingan belajar dan program pengayaan bagi siswa kelas 9.
6.      Penyempurnaan sistem penilaian dan laporan hasil belajar.
7.      Meningkatkan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum).

b.   Kesiswaan
1.      Mengintensifkan ekstrakurikuler wajib pilihan (bahasa Inggris dan Arab)
2.      Meningkatkan aktivitas ekstrakurikuler pilihan bebas
3.      Peningkatan kegiatan ubudiyah
4.      Penelusuran dan pembinaan bakat dan minat

c.    Ketenagaan
1.      Rasionalisasi guru dan staff
2.      Penerapan The Right Man on The Right Place
3.      Peningkatan kesejahteraan
4.      Keberhasilan dalam sertifikasi tenaga pendidikan

D.    NAMA DAN LOKASI SEKOLAH
  • NAMA SEKOLAH
Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Alqur’an dan Dakwah Alam (SMPIT ADA)  
  • LOKASI SEKOLAH
SMPIT ADA Secang di Dusun Kerincing Kecamatan Secang  Kabupaten Magelang.
E.     SISTEM PENDIDIKAN
Sistem pendidikan yang akan dikembangkan adalah perpaduan sistem pendidikan modern dengan Pendidikan Pesantren yang menjunjung tinggi nilai luhur akhlakul karimah.
KURIKULUM YANG DIPAKAI :
·         Kurikulum Diknas mencakup mata pelajaran umum: IPA Tepadu, IPS Terpadu, Matematika, Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Seni Budaya, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Pendidikan Agama Islam, TIK, dan Bahasa Jawa.
·         Kurikulum Pesantren mencakup mata pelajaran yang diarahkan kepada:
ü  Penguasaan Ilmu Fiqih Dasar
ü  Penguasaan Alquran (Tajwid, Tahsin, Tahfidz)
ü  Penguasaan Bahasa Arab

F.     KONSEP OPERASIONAL DAN PEMBIAYAAN
§  Pembuatan SMPIT ADA (Alquran dan Dakwah Alam)  dilaksanakan dalam 3 tahap yaitu tahap pertama, tahap kedua dan tahap ketiga.
§  Fokus untuk tahap pertama adalah pembangunan sarana dan prasarana pendukung serta sarana penunjang KBM dengan fasilitas yang memadai.
§  Untuk tahap kedua diarahkan pada pengembangan kurikulum khususnya yang bermuatan lokal sebagai ciri khas pesantren.
§  Sedangkan untuk tahap ketiga adalah menciptakan lulusan SMPIT ADA (Alquran dan Dakwah Alam)  yang memiliki keseimbangan Emosional, Spiritual dan Intelektual, sehingga mampu melahirkan sumber daya manusia yang berakhlak mulia dan berwawasan luas sebagai pendukung kemajuan bangsa.
§   Untuk mendirikan SMPIT ADA (Alquran dan Dakwah Alam)  di Kecamatan Secang Kabupaten Magelang yang memenuhi syarat, dibutuhkan dana sebesar Rp. 5.731.280.000,00,- yang meliputi :
Pembiayaan Fisik Bangunan                                   :   Rp.                   4.170.280.000,00
Perabotan / Furnitur                                                :   Rp.           390.000.000,00
Peralatan Rumah Tangga                                        :   Rp.           100.000.000,00
Peralatan Workshop                                                :   Rp.        1.071.000.000,00
Total Biaya Keseluruhan                                     :   Rp.        5.731.280.000,00
§  Untuk dapat melaksanakan misinya, akan ditugaskan para instruktur dengan kualifikasi tinggi di bidangnya .
§  Langkah Perencanaan
ð  Mempertimbangkan kesiapan sistem operasional atas setiap tahapan pembangunan.
ð  Mempertimbangkan atas kemungkinan pembangunan bertahap dan berkelanjutan
ð  Fleksibel dalam penataan ruangan dalam dan ruang luar.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar